PROMOSI SEMAKIN BERKEMBANG PESAT MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK

Di era milenial ini siapa yang tidak tahu aplikasi tiktok. Aplikasi yang banyak digrandrungi orang. Dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua. Aplikasi yang booming akhir-akhir ini. Dari aplikasi tiktok kita dapat memperoleh banyak hal. Mulai dari hiburan, hingga berita kejadian. Tiktok sendiri merupakan media sosial yang paling cepat berkembang, bahkan fitur yang ada sangat mendukung untuk media promosi bisnis. Banyaknya para pengguna tiktok ini menjadi media yang mana sangat tepat untuk membidik target pasar.

Berikut fitur- fitur tiktok:

 1. Penambahan Musik 

Dalam aplikasi tik tok, musik menjadi salah satu pondasi utama untuk membuat video clip pada tik tok menjadi sangat menarik.

  1. Voice Changer Function

sekarang pengguna juga dapat mengubah suaranya dengan fitur Voice Changer Function ini. Dengan beragam efek suara berbeda.

  1. Menggunakan Stiker dan Effect Filter

Fitur ini digunakan untuk membuat video menjadi lebih menarik dengan efek – efek yang seram dan lucu.

  1. Timer 

Fitur ini satu ini tentunya tak lain berfungsi sebagai asisten pribadi untuk memulai otomatis saat merekam obyek.

  1. Beauty

Fitur ini digunakan untuk membuat wajah nampak lebih cantik dengan filter efek wajah yang tersedia dalam tik tok seperti sebuah wajah putri pada film – film dongeng.

Manfaat promosi yang didapat dari tiktok:

Sangat Membantu Menemukan Konsumen Baru dan Target Pasar yang Luas

Misalnya saja dengan TikTok yang saat ini sedang tren. Di TikTok inilah orang bisa menjadi terlibat serta terinspirasi oleh adanya kampanye pemasaran. Setiap pelaku usaha akan membuat versinya sendiri dan brand milikmu akan mengalami dampak kampanye tersebut, yang salah satunya bisa memperluas pasar.

Membagikan Informasi Lebih Cepat

Kamu hanya perlu meng-klik “Share” untuk setiap media sosial yang kamu gunakan, dan informasi dengan sekejap akan tersebar. Media sosial mampu menampilkan secara real time, sehingga semua yang kamu posting akan langsung muncul di timeline followermu.

Lebih Dekat Dengan Konsumen

Macam-macam media sosial yang kamu gunakan sangat memungkinkan untuk melakukan interaksi dengan para konsumen. Kamu bisa berkomunikasi sebelum, pada saat, dan setelah konsumen menggunakan produkmu. Di mana ‘sebelum’ adalah ketika calon konsumen  bertanya-tanya tentang produk kamu. Lalu ‘pada saat’ adalah ketika konsumen sudah menggunakan produkmu, serta ‘setelah’ adalah ketika konsumen sudah merasakan manfaat dari produk yang kamu tawarkan. Sehingga dirinya turut merekomendasikan produk tersebut pada pengguna media sosial lain, yakni follower-nya.

Meningkatkan Brand Awareness Dengan Biaya Minim

Seperti halnya cara promosi halaman facebook gratis, media sosial sangat memungkinkan untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang minim bahkan gratis. Kamu cukup mengambil gambar produk dengan angel dan kualitas yang eye catching, lalu memposting di media sosial kamu yang disertai dengan caption menarik. Dan tinggal klik “Share” saja. Produk kamu sudah bisa dilihat oleh para pengguna media sosial, khususnya followermu.

Maka pada era sekarang banyak orang yang menggunakan tiktok sebagai media promosi. Usaha yang dilakukan juga tidak sia-sia. Salah satunya dengan usaha kerajinan bambu ini, yang bisa dipromosikan melalui tiktok. Melimpahnya persediaan pohon bambudi indonesia ternyata bisa dijadikan sebagai peluang usaha baru yang cukup menjanjikan. Jika selama ini masyarakat luas hanya memanfaatkan batang bambu sebagai bahan bangunan rumah, kini bambu bisa disulap sebagai aneka kerajinan cantik dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Misalnya saja seperti aneka peralatan rumah tangga mulai dari alat makan, tambir, tempat tisu, tempat buah, hiasan lampu, pigura, atau hiasan ruangan lainnya.

Berikut contoh produk-produk berbahan bambu:

Casing gadget dari bambu
Tirai dari bambu
Interior rumah dari bambu
Peralatan makan
Perabotan rumah

Kelebihan usaha kerajinan bambu adalah:

Disamping permintaan pasarnya yang masih terbuka lebar, menjalankan peluang bisnis kerajinan bambu terbilang sangat menguntungkan bagi para pelakunya. Melimpahnya potensi bambu di alam Indonesia secara tidak langsung memberikan keuntungan besar bagi para pengrajin, sebab harga jual bambu di pasaran masih sangat rendah, bahkan saat ini sebagian pengrajin ada yang sudah membudidayakan bambu di pekarangan rumahnya. Sehingga bisa dipastikan modal usaha yang dibutuhkan juga bisa ditekan.
Keuntungan yang kedua, memproduksi aneka kerajinan bambu termasuk salah satu peluang bisnis yang ramah lingkungan. Limbah bambu yang dibuang tidak berdampak buruk pada lingkungan sekitar sehingga tidak memicu adanya global warming. Hal ini tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi para pengrajin, sebab maraknya himbauan anti global warming di lingkungan masyarakat dunia secara tidak langsung berpengaruh terhadap minat para konsumen. Kini mereka lebih tertarik menggunakan produk-produk yang tentunya ramah lingkungan dan memanfaatkan potensi alam.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.