Manfaat bambu Kuning

Bambu sangat banyak sekali manfaatya baik secara materi maupun non materi.Terutama bambu kuning, berikut kami kutip dari salah satu artikel dari http://www.bestbudidayatanaman.com/. pada artikel dibawah ini membahas dari segi medis. Bambu ini secara non materi tentu membuat hati senang karena selain menghasilkan dan membuat suasana menjadi indah nyaman katanya bambu kuning yang bergaris hijau ini juga bisa sebagai tolak balak, namun itu baru katanya dan itu barang non materi tentu tak bisa saya jelaskan bagaimana mekanisme kerjanya.😀
Taman sepertinya kurang lengkap tanpa tanaman bambu kuning, kata Cak nun keindahan ciptaan Tuhan memang tak pernah fals, tanaman berdaun, berbunga warna warni tetap serasi saja, burung kicau seperti apapun tetap tak fals.😀 Bambu meyimpan air di dalam tanah, sehingga tentu menguntungkan sekali apabila di kota kota yang masih memfungsikan sumber air dari sumur ada tanaman ini, tanaman nya kecil daunnya besar dan susah rontok. silahkan bisa dicoba.🙂
Bambu Kuning sering kita jumpai di halaman rumah bagian depan maupun belakang sebagai penghias halaman tersebut sekaligus pagar pelapis setelah pagar besi, selain membawa kesan alami halaman yang ditanami bambu kuning terasa segar karena dapat menyaring polusi disekitar halaman tersebut.

263149_26f35d54-cb64-11e4-abfa-f4de4908a8c2


Bambu kuning ini banyak sekali peminatnya karena memiliki daya tarik dari segi warna dan bentuknya yang sangat menarik, maka tanaman yang satu ini digolong pada jenis tanaman hias juga. Namun dibalik keindahan dan keunikan itu semua bambu kuning memilki manfaat dan khasiat yang luar biasa besarnya bagi tubuh manusia.
Pada tekhnik pengobatan Cina, bambu sering sekali untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Bambu mengandung sumber potassium yang rendah kalori serta memiliki rasa manis yang terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik bagi tubuh.
Di Ayurveda, yaitu sebuah system pengobatan tradisional di India, konkresi silicious dapat ditemukan pada batang bambu yang disebut blanslochan. Pada system pengobatan Indo Persia, blanslochan terkenal sebagai tabashir atau tashwir. Dikatakan bahwa konkresi ini dapat menjdi obat penguat pada penyakit pernapasan.
Tidak hanya itu, khasiat lain yang terkandung dalam bambu kuning adalah dapat digunakan sebagi bahan baku dalam pembuatan produk kosmetik dan obat-obatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bambu kuning.

Manfaat dan Khasiat Bambu Kuning

Makanan Vegetarian

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, banyak masyarakat yang memanfaatkan tanaman ini sebagai  makanan tambahan, semisal rebungnya sering dijadikan sayuran.

Obat penyakit Lever dan asam urat

Bambu kuning memiliki kandungan zat flavonoid, yang berfungsi sebagai obat penyakit lever. Menurut sinse Mochamad yusuf, ahli pengobatan Cina di Sukabumi, jawa barat, daun bambu yang ada di Indonesia dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan asam urat.
Denagn sering mengkonsumsi daun bambu, maka akadar asam yang terdapat di dalam tubuh menurun, dikarenakan kandungan zat pada daun bambunya yang kaya flavon. Selain sebagai salah satu sumber antioksidan, flavon juga berperan dalam menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.

Pereda batuk

Dalam kitab Ming Yi Bie Lu (catatan dokter Ternama), manfaat dari daun bambau adalah untuk meluruhkan dahak, meredakan batuk, dan mengatasi susah napas. Khasiat lain dari bambu adalah menetralkan racun dalam tubuh. Di Cina, ekstrak dari daun bambu juga dimanfaatkan sebagai obat untuk melindungi jantung.

Mengatasi keputihan

Air yang dihasilkan dari bambu eul-eulmengandung mineral dan oksigen yang berkadar tinggi, sehingga sangat membantu bagi kaum wanita dalam menghilangkan keputihan.

Penghilang lemak dan kolesterol

Tanaman bambu banyak mengandung air mineral sehingga dapat digunakan untuk pengobatan alternative guna menghilangkan lemak dan kolesterol dalam tubuh.
Diambil dari artikel http://www.bestbudidayatanaman.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s