Menjadi Terkenal Karena Bambu dengan Media Tampah

JAKARTA – Satu lagi arsitek asal Indonesia yang karyanya patut diacungi jempol. Adalah Budi Pradono, melalui karyanya yang bernama “Bamboo Tampah”, ia dikenal hingga dunia internasional.

Dilansir dari Design Boom, Jumat (12/9/2014) Bambu Tampah merupakan sebuah karya rumah pohon yang terbuat dari bambu. Tampah sendiri merupakan sebuah alat pertanian tradisional yang dirancang khusus untuk menyaring beras. Dengan polanya yang berbentuk anyaman, memungkinkan dapat menyaring kotoran seperti kerikil, kulit beras, dan daun.

Sebenarnya, di Indonesia sendiri tampah bukan hanya digunakan sebagai alat untuk menyaring, tetapi juga digunakan untuk

tempat untuk mengeringkan biji-bijian. Terinspirasi dari alat tradisional ini, Budi membangun sebuah rumah pohon dengan menggunakan tampah sebagai materialnya.

“Banyak masyarakat yang penasaran apa yang bisa dilakukan di dalam rumah bambu ini. Saya mengatakan, rumah ini merupakan sebuah tempat untuk berimajinasi. Orang-orang berkumpul di sini dan membayangkan banyak hal, dan berdialog tentang masa kini dan masa lalu,” kata Budi.

Rumah Bambu tampah ini dirangkai oleh Budi hingga berbentuk segitiga. Rumah bambu tampah ini digantung hingga lima meter di atas permukaan tanah. Di dalamnya terdapat semacam ruang-ruang yang digunakan sebagai area duduk.

DIkutip dari http://property.okezone.com/read/2014/09/12/474/1038108/karena-bambu-tampah-arsitek-indonesia-ini-menduniaTampah Bambi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s