Cara membuat Lubang pada Bambu

alat bambuPada topic-topik sebelumnya kami sudah membahas tentang karakteristik bambu sehingga tidak perlu kami jelaskan lagi tentang keunikan, various dan lain sebagainya. Rajut Bambu kali ini akan membahas cara membuat lubang pada bambu. Untuk membuat sesuatu dari bambu, ada banyak tehnik yang harus dipelajari dari cara memilih bambu, cara memotong, cara mengawetkan, cara membuat lubang dari bambu bahkan cara finishingnya. Yang akan kita bahas kali ini adalah cara membuat lubang dari bambu.
Mengapa harus membuat lubang ? Nah, alasannya sebenarnya tak lepas dari nilai fungsi bambu itu sendiri, kita lihat bambu akan diperuntukkan apa. Bambu berbentuk bulat sehingga untuk merangkai dari satu bambu ke yang lain wajib membuat lubang yang pas sehingga bias presisi dan rapi. Dari segi estetika penyambungan bambu dengan paku dan kawat sangat tidak dianjurkan selain kurang kuat juga. Penyambungan lebih dianjurkan menggunakan pasak bambu petung atau apabila ingin dibuat knockdown bias menggunakan mur baut.

Selain itu kita lihat juga ukuran diameter bambunya, kalau untuk bambu suling bias dib or atau dicoblos dengan besi panas, kalau untuk bambu besar inilah yang akan kita bahas . Alat untuk membuat lubang pun bervariasi tergantung mau menggunakan tehnik modern atau tradisional (manual). . Tehnik modern sekarang sudah ada bor atau gergaji mesin special untuk membuat lubang, alat ini bias lebih cepat namun kurang bias presisi harus dirapikan manual. Cara menual juga belum tentu lama tergantung pengerjaannya. DI Rajut bambu sendiri kami menggunakan campuran bor dan pisau lancip (pengot dalam bahasa jawa). Pengot sendiri ini kami juga ada 2 bentuk yang biasa kita gunakan, silahkan anda pilih mana yang paling nyaman.
Langkah pertama untuk membuat lubang di bambu besar . Ukurlah diameter bambu yang akan dibambung, lalu tandai. Setelah diberi tanda langsung saja kita arahkan pisau tadi dan dikorek sampai bersih. Lubang yang pas dan rapi akan berpengaruh dengan ke-presisian dan kerapian hasil.
Kami membuka training dan workshop membuat furniture dan gazebo bambu. Silahkan langsung hubungi kami di nomor 087839483140.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s