Cara mengolah bambu agar mendapatkayn bambu yang berkualitas

Cara memilih bambu yg baik:

  • Bambu petung (untuk tiang)harus ½ tua, jangan terlalu tua karena akan retak ketika sudah terpasang.

  • Bambu gombong (struktur) cari yang tua Bambu tali (usuk)cari yang tua.,cirinya: Bambu sudah keluar panunya/ bercak putih. Sudah tidak ada kelopaknya 10 ruas keatas dari tanah bambu sudah berakar pada ruasnya ,Dipukul akan berbunyi nyaring/ tinggi ,Disongket/ dipotong seratnya akan terlihat coklat pada daging bambu ,Dicium (apabila masih bau tape/tebu)berarti bambu masih muda dan rawan termakan rayap/ bubuk karena kadar gula tinggi

  • Cara menebang bambu yang baik: Ada hari tebang, bulan tebang dan jam tebang, Untuk jam tebang: biasanya diatas jam 12.00 agar kadar gulanya rendah, biar ga dirayapi.

  • Hari tebang: jangan tebang di hari selasa dan sabtu karena bambu akan mengalami pemudaan sel yang ada pada bambu yang berimbas pada kekuatan bambunya.

  • Bulan tebang: tgl 13,14,15 bulan purnama dilarang menebang dikarenakan kadar air bambu akan tinggi, dikarenakan meningginya air laut sehingga daya penyerapan bambu akan bertambah drastis.

  • Ada lagi nih, jangan tebang bambu ketika dia msedang keluarkan rebung, karena kekuatan induk bambu akan d suply kepada rebungnya, kecuali sudah mencapai ukuran 3m kemungkinan rebung akan mandiri (bisa dicabut dan ditanam), sehingga bambu bisa dipotong.

  • Tambahan nih, jangan memotong bambu saat bambu menguluarkan bunga, biasanya sih saat kondisi bambu itu sedang stress dan kemudian akan mati. Setelah memilih? Biasanya bambu disimpan dengan diberdirikan, setelah 1 bulan baru drendam oleh air garam dan kapur, karena air kapur itu panas dan akan membantu proses pengeringan, garam untuk menetralisir kadar gula secara berbarengan selama 1 minggu, setelah itu diangkat dan ditiriskan. Kalau saat dijemur ada bambu yang kempes/ ciut berarti ada kesalahan pada proses penebangan. Setelah itu? Buat kuda- kuda, semua bahan baku(usuk, tiang dll) sudah sesuai ukuran dan selera. PERHATIKAN TEKNIK PEMILIHAN BAMBU, PEMOTONGAN BAMBU DAN PENGAWETANNYA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s